WE ARE ONE HEART WITH HONDA | SILAHKAN BERI KOMENTAR


Rabu, 09 Oktober 2013

ALTERNATIF & GANTI BOHLAM SENDIRI


Selamat sore S2.Com Lovers.... Kali ini redaksi bercerita seputar penggantian Bohlam pada CB150R SF.
ini berdasarkan pengalaman pribadi.... berawal dari tidak nyamannya ane dengan kondisi lampu yang masih menyala siang malam, masuk kampung selalu ditegur... (orang kampung mana tau kalau motor keluaran terakhir semuanya AHO) so ane putusin buat nambahin saklar biar AHO nya meninggal alias mati (bener ga’ ya?? Kalimatnya... ya lebih kurang begitu deh...)
Namun cerita sebelumnya, saat CB masih di kisaran KM 8000an,,, pas ane service di AHASS Gunung Pangilun Padang. Ane tanyain persoalan ini ke mekaniknya, bisa ga’ matiin Bohlam. Mekaniknya bilang, bisa-bisa saja mas, cuman garansi lirstriknya hangus, dan kalau sekiranya terjadi masalah nanti, maka garansi tidak lagi ditanggung oleh Honda. Jadi, saran mekaniknya tunggu jatah 1 thn dulu atau KM 10rb baru matiin AHO.

Akhirnya,,,, ane ikut sama saran si Mekanik tadi... Nah,,, di KM 11rb (kelwatan dech...) ane langsung ke bengkel variasi buat nambahin saklar....
Akhirnya dibongkar lah nih batok si CB... waduuuhhh parah man.... si Montir kagak paham cara bongkar tuh Batok....  hampir 1 jam ane nungguin belum juga kelar (padahal hari hampir magrib...) dan akhirnya bisa juga... namun sayang, lampu dekat PUTUS.... yaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhhh
ehhhh malah si montir Nyolot kalau tu boham udah putus dari sebelum dibongkar... ane kesal banget tuh mas.gan dengan gaya mekanik yg nyolot.... akhirnya ane ngalah aja dech.... walau sebenarnya hati sudah tidak nyaman, detak jantung sudah tidak stabil,,, karena pernah baca postingan; harga Bohlam Asli AHM seharga 333rb .... padahal tadinya Bohlam masih utuh jauh dekat saat ane menuju TKP (bengkel)...
Si montir nyaranin ganti aja dulu sama bohlam yg biasa di pake sama Vixion,,, ya udah deh....(25rb)
Malamnya ane berangkat menuju Kota Padang... tapi sayang, cahaya lampu ane Redup banget.... dan hatipun makin Andilau (Antara Dilema dan Galau) karena tidak bisa menikmati perjalanan malam yg indah....
Dua hari berselang, ane browsing cari tau; bohlam yg bagus dan klop buat si CB. Baca di AHM nih Bohlam memang benar seharga 333rb... Wow.... nanya kntong man....

cari tau lagi,,, ternyata ada altenatif lain, dengan merek yg sama PHILIPS atau OSRAM dengan kekuatan sama 12V - 60/55 Watt .... dan akhirnya ane hunting ke Benkel Mobil dan bisa menebus seharga 35rb doang... (katanya sih harga tergangtung masing2 bengkel; bisa jadi lebih murah atau lebih mahal) EKONOMIS bangets..... ane beli yang merek OSRAM Mitsubishi karena Philips lagi Kosong kata yg punya lapak.... dan ane putusin buat ganti sendiri,, dengan paduan MANUAL BOOK.... hasilnya ....... Eng ing Eng..... Joooossss tenan.... 11:12 lah sama terang cahaya bawaan Asli Pabrikan
Namun, setelah ane bandingin dengan cahaya Bohlam Philips hyg teman ane juga sudah ganti memang lebih terang Philips....
Semoga Bermanfaat...
Ini Dia Pics-nya Mas.Browh...
Ini Dia Bohlam Yang Putus (kiri: asli AHM) dan Bohlam Bawaan Vixio (kanan) redup (karena W lebih kecil)

Ganti Dengan Osram Mitsubishi Fuso 12V - 60/55 W

Saat Pemasangan ke Motor, jangan sampai kaca bohlam tersentuh tangan (baca petunjuk)

Pembongkaran Buat dipasangin Bohlam Baru

Kabel Saklar Tambahan Buat Matiin AHO, tapi lampu senja dan lampu rem masih tetap nyala


Bonus Pic: Penggantian Stabil Stan dan Pemasangan Saklar
Hasil Setelah Terpasang

Ini Nih Si Montir Yang Kelamaan Bonkar Batok dan Akhirnya Bohlam Putus... (tapi sudah saya ane maapin)

8 komentar:

  1. assalamu'alaikum,
    salam kenal dari Sidoarjo-Jatim.
    To the point aja mas bro, ane tertarik dg matikan AHO bisa minta tolong email caranya gimana berserta gambarnya yg jelas.
    Yg menarik lampu senja dan rem masih bisa hidup.
    terima kasih,
    galih abu fathima

    BalasHapus
  2. Salam Kenal juga mas gan...
    Caranya mudah;
    1. Buka batok kepala (headlamp)
    2. Temukan kabel menuju bohlam utama... (bukan yg lampu senja)
    3. Putus/gunting saja salah satunya...
    4. Sambung dengan kabel stop kontak yang baru...
    5. Balut rapat dgn selotip hitam...
    6. Pasang kembali headlamp
    7. Selesai
    Pastikan letak stop kontak baru pada posisi yang aman (tidak mudah lepas) dan balut juga pangkalnya denga soletip agar tidak basah saat kena hujan/dicuci
    Semoga sedikit membantu

    BalasHapus
  3. mas bro harga bohlamnya brpa untuk cb150r

    BalasHapus
  4. salam satu hati,,,,
    langsung ajje meh mas bro,,,,cara bongkar lampu depan gmne ye...ane bener ga tau neh,,,langkah"nye...

    BalasHapus
  5. Kalo g usah d kasih saklar gimana mas bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pegangin pakai tangan. Alias kabelnya dicopot-sambung.

      Hapus
  6. PHILIPS H4 12342PRC1 12V 60/55 P43T-38
    Masih kalah kuning (terang) dibandingkan
    ASPIRA H4 12V 60/55 P43T made in PRC 1605

    Philips menghasilkan warna kuning cerah. Aspira mengeluarkan warna kuning lebih tebal. Hi/Lo aspira lebih baik ketika menerangi jalan. harga keduanya sama atau 5000 mahal philips (tergantung bengkel). kisaran harga keduanya dari halogen kaca bening ini dengan spesifikasi yang sama, antara 35.000, 40.000 dan 45.000

    Jangan percayakan begitu saja terhadap bengkel karena biasanya mereka sering meninggalkan luka lecet dikarenakan tergesa - gesa.

    BalasHapus
  7. Langsung aja ni bro.. Kalau ganti pakai lampu bulat yg kabel 3 gmna cara nyambungnya ya bro soalnya d cb150r ada 4 kabel bro gw bingung cara nyambungnya takut konslet

    BalasHapus

Silahkan Masbro,,, Dikomentari...